Praktikum Teknik Metalurgi

Setiap Laboratorium memiliki kepala Laboratorium. Kepala Laboratorium bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan, mengorganisasikan kegiatan praktikum yang akan dilaksanakan dengan Teknisi Laboratorium dan Asisten. Menjelang dimulainya kegiatan pekuliahan dlakukan rekrutmen Assisten dari mahasiswa yang telah mencapai semester tertentu dengan kriteria sesuai ketentuan dari Program Studi, dilanjutkan dengan pembekalan materi bagi yang lulus seleksi; sedangkan Kepala Laboratorium koordinasi dengan Teknisi Laboratorium terkait dengan penyiapan alat, termasuk kalibrasi dan jadwal pelaksanaan praktikum; selanjutnya dikoordinasikan dengan Pimpinan Program Studi. Pada pelaksanaan praktikum dilakukan monitoring dan evaluasi berkenaan dengan materi, kehadiran mahasiswa, asisten dan berkaitan dengan keuangan melalui rapat koordinasi.

 

Praktikum adalah kegiatan belajar yang berbentuk pengamatan terhadap percobaan atau pengujian di laboratorium yang diikuti dengan analisis dan penyimpulan terhadap hasil pengamatan tersebut. Berikut merupakan panduan untuk mengikuti praktikum.

  1. Susunan Mata Praktikum yang tercantum dalam kurikulum pada dasarnya merupakan sebuah diagram-alir acara pendidikan. Karena itu mahasiswa tidak dianjurkan memilih suatu Mata Praktikum dengan mengambil jalan pintas atau dengan lompatan-lompatan.
  2. Praktikum dan Kuliah merupakan satu kesatuan utuh mata kuliah. Disarankan agar kuliah dan praktikum dari suatu mata kuliah dilaksanakan dalam semester yang bersamaan.
  3. Kehadiran dalam kuliah dan kegiatan mandiri mahasiswa keduanya sangat penting dalam penguasaan materi pelajaran. Karena itu, keduanya menjadi persyaratan bagi pelaksanaan ujian atau penilaian hasil belajar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Laboratorium Teknik Metalurgi terdiri dari :

  1. Lab. Fisika Dasar
  2. Lab. Kimia Dasar
  3. Lab. Fisika Lanjut
  4. Lab. Kimia Analit
  5. Lab. Kimia Fisika
  6. Lab. Pengolahan Bahan Galian
  7. Lab. Hidro-Elektro Metalurgi
  8. Lab. Pirometalurgi
  9. Lab. Korosi

 

Buku Panduan Praktikum

https://drive.google.com/file/d/1

 

 

Buku Profil Laboratorium

https://drive.google.com/file/d/1